Tips Mengatur Cara Belanja yang Efisien Di Saat Pandemi

Tips Mengatur Cara Belanja yang Efisien Di Saat Pandemi

Tips Mengatur Cara Belanja yang Efisien Di Saat Pandemi – Tidak bisa dipungkiri, pandemi memang memberikan red alert tersendiri dari aspek finansial. Sebagian mungkin ada yang mengalami kondisi finansial yang tidak maksimal, seperti penghasilan berkurang atau malah kehilangan pekerjaan. Inilah pentingnya mulai melakukan pengaturan keuangan kembali untuk menyelamatkan finansial keluarga agar bisa bertahan hingga situasi normal kembali.

Cerdas mengatur keuangan di tengah pandemi bisa dilakukan dengan mulai menyiasati cara belanja efisien demi menghemat pengeluaran. Ini beberapa cara Download Aplikasi IDNPlay Terbaru yang dapat anda lakukan.

1. Buat Daftar Kebutuhan Belanja 

Belanja cerdas adalah yang terorganisir dengan baik. Artinya, kamu perlu membuat daftar barang kebutuhan terlebih dulu agar belanja bisa lebih terarah, nggak hanya sekadar asal ambil barang yang dilihat saja. Jadi, penting untuk melakukan pengecekan barang atau kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi bulan ini.

Catat satu per satu sebagai panduan belanjamu agar lebih efisien dan tepat sasaran. Selain itu, daftar belanja bisa membantu dalam membuat skala prioritas dan melatih diri agar selalu belanja sesuai dengan budget yang ada.

2. Bandingkan Harga Sebelum Membeli 

Poin selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah memperhatikan perbandingan harga sebelum melakukan pembelian. Lakukan riset kecil-kecilan di mana tempat belanja yang menawarkan harga bersaing. Meski hanya berbeda Rp 1.000 saja, tapi jika dikalikan dengan belanja bulanan yang banyak jumlahnya, bisa menghemat puluhan hingga ratusan ribu. Hal ini pastinya bisa menghemat dan menyelamatkan anggaranmu, karena selisihnya bisa dialihkan untuk pos pengeluaran yang lain.

3. Beli Produk dalam Kemasan Besar 

Rumus belanja selanjutnya yang bisa dipraktikkan adalah membeli produk dalam kemasan yang lebih besar. Produk dalam kemasan besar biasanya menawarkan harga yang lebih hemat jika dibandingkan membeli beberapa produk kecil sekaligus. Selain itu, kemasan besar juga bisa membuat daya pakainya jadi bisa bertahan lebih lama. Jadi kamu nggak perlu sering-sering belanja yang tentunya bisa menghemat pengeluaran.

4. Jangan Terjebak antara Keinginan dan Kebutuhan  

Pernah nggak sih tertarik membeli produk yang nggak ada dalam catatan belanjamu? Biasanya ini berlaku pada produk baru yang memang bikin penasaran untuk mencobanya. Namun, waspada ini adalah jebakan antara keinginan dan kebutuhan. Jangan sampai produk yang dibeli sebenarnya nggak dibutuhkan di rumah.

Biar nggak terjebak dengan hal ini, lakukan dua hal ini. Pertama, cek apakah barang tersebut ada dalam list belanja bulanan. Jika tidak ada, coba cek kembali apakah produk tersebut bisa menjadi pengganti barang lain yang ada di list belanja tersebut? Kalau jawabannya masih nggak ada, berarti memang kamu nggak benar-benar membutuhkannya.

5. Selalu Update dengan Promo dan Voucher Diskon 

Promo dan voucher diskon bisa jadi penyelamat budget belanja tetap hemat selama pandemi ini, lho. Makanya, pastikan selalu update dengan promo dan voucher diskon yang ada supaya belanja bisa lebih efektif sekaligus menjaga keamanan kantong.