Tips Desain Home Theater Minimalis, Mudah Diaplikasikan!

Tips Desain Home Theater Minimalis

Tips Desain Home Theater MinimalisHome theater memang menjadi keinginan setiap pemilik rumah, terlebih bagi Anda yang hobi menonton film bioskop. Dikarenakan kesibukan dan juga rutinitas Anda sehari-hari, maka Anda tidak sempat untuk menonton film di bioskop. Dengan alasan tersebut tentunya Anda akan berpikir bagaimana cara untuk membuat home theater minimalis di dalam rumah senyaman mungkin. Saat ini konsep home theater memang sudah bukan menjadi rahasia umum lagi. Banyak sekali rumah yang menyediakan home theater minimalis agar dapat menonton film di dalam rumah dengan nyaman.

Baca juga : Desain Rumah Pohon yang Super Mewah

Tidak hanya rumah mewah, saat ini rumah minimalis sekalipun bukan menjadi halangan bagi Anda untuk mendapatkan bioskop di dalam rumah. Dengan penataan rumah yang baik tentunya, Anda dapat menciptakan ruangan yang nyaman bagi Anda untuk menonton film pribadi di dalam rumah. Tentunya, dalam membuat sebuah home theater, alangkah baiknya Anda mempertimbangkan terlebih dahulu ruangan mana serta ukuran ruangan yang akan dijadikan sebagai tempat untuk home theater. Merancang sebuah home theater minimalis di dalam rumah tentu menjadi ide yang sangat brilian untuk Anda wujudkan.

Untuk Hobi Nonton

Bagi Anda yang hobi menonton film di bioskop tentunya aktivitas ini menjadi hal yang harus Anda lakukan. Jika tidak, maka Anda akan merasakan sesuatu yang kurang lengkap di dalam hidup Anda. Namun sayangnya hobi tersebut tidak sepenuhnya bisa Anda lakukan. Hal ini terbatas karena kesibukan dan juga adanya kemungkinan Anda tidak bisa berkunjung ke bioskop. Dengan begitu, memiliki home theater minimalis di dalam rumah menjadi sebuah keharusan bagi Anda.

Meskipun tidak seperti ruangan di dalam bioskop dengan sound yang sempurna. Namun, setidaknya home theater dapat memberikan space kepada Anda untuk tetap meluangkan waktu untuk melakukan hobi Anda. Dengan merancang home theater dengan sempurna tentunya impian keluarga Anda untuk memiliki sebuah bioskop rumah menjadi hal yang sangat mudah bagi Anda. Dalam membuat sebuah home theater tentunya ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Berikut ini ada beberapa poin yang perlu Anda pertimbangkan dalam membuat sebuah ome theater, diantaranya:

Pilihan dan Tata Ruangan

Hal pertama yang bisa Anda lakukan yakni dengan memilih terlebih dahulu sebuah ruangan yang akan Anda buat untuk home theater. Dalam memilih ruangan tentunya Anda harus memilih sebuah ruangan yang berukuran cukup besar. Hal ini dikarenakan ruangan yang dibutuhkan untuk home theater memang harus besar yang dapat mengakomodasi untuk memasang layar, tempat duduk dan juga hiasan lainnya. Ruangan yang Anda butuhkan untuk membuat ruangan home theater setidaknya harus berukuran sekitar 4m x 6m. Setelah memilih ruangan, tentunya Anda dapat menata ruangan sebaik-baiknya untuk mendapatkan ruang home theater senyaman mungkin.

Maksimalkan Ruangan

Setelah Anda berhasil memilih ruangan yang cocok untuk home theater, tentu inilah saatnya bagi Anda untuk mengatur proyektor. Untuk membuat sebuah home theater tentunya Anda dapat menggunakan sebuah monitor yang berukuran besar agar seperti bioskop yang nyata.

Anda tentunya dapat memilih sebuah monitor yang dapat Anda temukan di toko-toko elektronik terdekat. Monitor berukuran besar ini biasanya digunakan untuk keperluan pekerjaan, akan tetapi Anda dapat menggunakannya sebagai sebuah media untuk menonton film di rumah Anda.

PILIH SOFA SATUAN

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan memilih jenis dan juga ukuran sofa. Alangkah baiknya jika Anda menggunakan sofa satuan yang diletakkan berdampingan. Hal ini bertujuan dengan sofa satuan akan memberikan tampilan seperti sebuah bioskop.

Selain sofa satuan, Anda juga bisa memilih sofa panjang yang dapat muat sebanyak 3 orang ataupun lebih. Anda juga dapat menyesuaikan bentuk dan juga ukuran sofa sesuai dengan kebutuhan dan juga keinginan Anda. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan karpet tebal dan juga lembut untuk menambah kenyamanan Anda seperti sebuah ruangan bioskop pada umumnya.

PILIHLAH FURNITUR MINIMALIS

Selanjutnya hal yang bisa Anda lakukan ialah dengan memilih sebuah furnitur minimalis. Selain sofa tentunya Anda bisa menghadirkan sebuah lemari dan juga meja khusus untuk menyimpan makanan ringan dan juga cemilan serta minuman yang Anda sukai.

Dalam hal ini lemari dapat digunakan untuk menyimpan berbagai peralatan untuk menonton film di home theater. Untuk mempermudah Anda untuk mendapatkan sebuah film, tentu Anda dapat memposisikan rak untuk meletakkan dvd film pada bagian samping ataupun di belakang ruangan.

Disarankan untuk memajang dan juga menata furnitur serapi mungkin sehingga Anda dapat dengan mudah mencarinya. Pajangan tersebut dapat difungsikan sebagai sebuah elemen dekoratif ruangan yang cantik dan menarik untuk dipandang.

ATUR PENCAHAYAAN

Hal yang tidak kalah pentingnya yakni dengan mengatur pencahayaan di dalam home theater. Pencahayaan di sini yakni dengan menggunakan penerangan berupa lampu. Jangan gunakan lampu biasa untuk home theater, namun gunakanlah lampu yang dapat memberikan efek cahaya seperti di bioskop. Anda tentunya dapat menggunakan beberapa lampu yang didesain khusus untuk kebutuhan sebuah ruang theater.

Desain lampu

Desain untuk lampu theater tentunya harus dapat mengatur fokus pencahayaan. Dengan begitu Anda sekeluarga dapat melihat monitor dengan jelas dan juga nyaman saat menonton film-film kesayangan keluarga Anda tanpa adanya kekhawatiran ataupun kekurangan akan sebuah pencahayaan. Selain itu, Anda dapat menambahkan beberapa lampu di sudut ruangan untuk menghasilkan efek yang dramatis.

Anda dapat mengkombinasikan beberapa warna-warna lampu yang terang seperti pink, orange dan jugga merah dengan aksen berwarna hijau. Warna-warna tersebut tentunya akan memberikan kesan ceria di dalam home theater. Bagi Anda yang ingin menunjukkan kesan hangat, tentunya Anda dapat mengaplikasikan aksen serat kayu dengan cahaya kuning yang temaram.

PERHATIKAN PEMASANGAN AUDIO & AC

Bagi Anda yang berencana untuk membuat sebuah home theater, tentunya Anda bisa mendapatkan sistem audio terbaik dengan memperhatikan saluran udara agar tidak terpengaruh dengan suara speaker.

Demi menghasilkan suara yang sesuai tentunya Anda dapat meredamnya dengan pengunaan kayu, karpet, styrofoam dan juga teknik pengeleman yang tertutup. Kemudian, atur audio visual dengan PMPO yang paling rendah yakni sekitar 1.000 watt, akan tetapi aturan tersebut tidaklah mengikat. Tentunya, Anda dapat menyesuaikan dengan ukuran ruangan yang akan Anda gunakan untuk membuat sebuah home theater.

Untuk menjaga kesejukan ruangan Anda dikarenakan kurangnya ventilasi pencahayaan seperti jendela. Maka Anda dapat memasang sebuah AC untuk memberikan angin sehingga ruangan Anda bisa lebih nyaman dan juga menyenangkan. Dengan begitu, ruang bioskop Anda akan senantiasa sejuk dan juga segar sehingga akan membuat Anda nyaman saat menonton film.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat sebuah home theater minimalis di rumah Anda.