Tips Cerdas Agar Tidak Kecanduan Belanja Online

Tips Cerdas buat Kamu yang Mulai Kecanduan Belanja Online

Tips Cerdas Agar Tidak Kecanduan Belanja Online – Dengan semakin banyaknya situs e-commerce, pelelangan online, dan fasilitas kredit tanpa kartu membuat banyak orang semakin mudah mengeluarkan uang untuk berbelanja.

Belanja online tampaknya perlahan-lahan mulai masuk ke gaya hidup. Daripada pergi ke mal, orang lebih gemar berbelanja via online. Cara ini dipercaya lebih mudah dan gak repot. Tinggal Daftar IDN Poker buka toko online yang diminati, klik beli, lalu bayar via mobile banking.

Namun, karena kemudahannya, banyak orang yang justru tanpa sadar diperbudak dan jadi kecanduan belanja online. Nah, sebelum kebablasan, sebaiknya lakukan tips di bawah ini, ya.

Gunakan waktu luangmu untuk mendalami hobi, daripada sibuk memasukkan barang ke wish list

Kamu punya hobi scrolling e-commerce dengan dalih hanya cuci mata? Well, kebiasaan ini bakal menuntunmu ke gaya hidup boros, lho. Tanpa sadar, kamu mulai memasukkan barang yang terlihat menggemaskan, padahal sebenarnya gak dibutuhkan, ke wish list.

Kalau sudah begini, kamu jadi terobsesi untuk memilikinya. Godaan untuk membelinya setelah hari gajian tiba pun bakal makin susah dihilangkan.

Jika sudah parah, sebaiknya uninstall saja aplikasi e-commerce untuk sementara

Selalu mengecek linimasa e-commerce tiap waktu; merasa senang melihat notifikasi barang yang dikemas atau dikirimkan; lalu merasa harus membeli banyak barang lagi?

Hati-hati, mungkin kamu sudah benar-benar terobsesi dan menjurus ke kebiasaan yang gak sehat. Solusinya, untuk sementara waktu, uninstall dulu saja aplikasi e-commerce di HP kamu.

Membuat Anda Melakukan Belanja Secara Impulsif dan Berlebihan

Setelah gajian, haram hukumnya langsung buka aplikasi e-commerce

Jangan pernah membuka e-commerce setelah kamu menerima uang gaji. Kamu yang merasa punya uang lebih karena habis gajian, akan langsung merasa impulsif dan pengin beli ini itu. Setelah selesai menghabiskan uang, baru rasa sesal datang kemudian, deh.

Bikin daftar belanja barang-barang yang memang sedang kamu butuhkan. Stick to the plan!

Kalau memang kamu hanya mengandalkan e-commerce untuk belanja barang kebutuhan, sangat disarankan kamu membuat list terlebih dahulu sebelum belanja. List ini bakal membantumu untuk membeli barang yang dibutuhkan saja. Tekadkan niat dan stick to the plan, ya. Jangan tergoda beli barang hanya karena diskon.

Ubah pola pikirmu, yuk! Daripada sibuk belanja, lebih baik sibuk menabung, bukan?

Kalau sudah begini, kamu wajib mengubah pola pikir. Daripada fokus ingin menghamburkan uang dan membeli barang-barang yang diinginkan, sebaiknya sekarang mulai sibuk menimbun uang. Gak lagi sibuk membuka e-commerce dan mengecek wish list, lebih baik sering-sering log in mobile banking dan cek saldo rekening atau tabungan biar makin termotivasi untuk mengumpulkan uang.

Punya tips lain biar gak makin kecanduan belanja online? Coba bagi di kolom komentar, ya!