Tips Cara Menghemat Gaji Bulanan Meski Pas-pasan

Tips Cara Menghemat Gaji Bulanan Meski Pas-pasan

Tips Cara Menghemat Gaji Bulanan  –  Pernahkah kamu merasakan kesulitan untuk menabung karena gaji kecil atau malah pas-pasan.  Hingga gaji pas-pasan tersebut jadi alasan utama untuk kamu tidak menyisihkan uang atau menabungnya demi kebaikan sendiri?

Kamu pastinya tahu bahwa menghemat uang dari penghasilan adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Tak ada alasan penghasilan sedikit atau pas-pasan yang lantas membuat kamu seenaknya menghamburkan uang Agen Sbobet88 Indonesia.

Berikut lima cara menabung ini supaya uang di tabungan terus bertambah ratusan ribu rupiah setiap bulannya. Simak yuk!

  • sesuaikan kebutuhan untuk menekan pengeluaran 

Ketika penghasilan selama sebulan Anda bekerja sudah ditangan, penting membagi-bagi uang dari total gaji untuk pengeluaran yang setiap bulan wajib Anda keluarkan. Hal ini akan mencegah pengeluaran membengkak.

Misal gaji kantormu 4 juta, bisa kamu sisihkan untuk tempat tinggal, menabung, dan kebutuhan sehari-hari.

Terapkan juga cara ini, seberapa besar pun gajimu usahakan pengeluaran tetap. Misalnya, pengeluaran bulanan mu adalah Rp2.000.000 sementara gaji bulanan adalah Rp4.000.000 serta tabungan Rp1.000.000.

Maka ketika gaji naik Rp5.000.000 maka yang bertambah adalah besaran tabunganmu bukan pengeluaranmu.

  • Buat daftar bulanan jika ingin jalan-jalan 

Gigih menabung bukan berarti tidak bisa jalan-jalan. Lakukan hal yang Anda sukai setiap bulan, akan tetapi Anda harus punya catatan setiap bulan agar semua tujuanmu tercapai. Tentunya setiap kegiatan harus seimbang untuk self growth-Anda juga.

Catatan pengeluaran selama sebulan ini sangat berguna untuk membatasi kegiatan yang tidak perlu dilakukan agar keseharian Anda jadi lebih teratur.

  • Belanja satu barang dalam satu bulan 

Sulit bagi Anda jika tidak berbelanja? Jika tak ingin boros, maka terapkan pola belanja satu barang dalam satu bulan. Jika biasanya Anda belanja sesuka hati hingga tak sadar uang menipis, maka sekarang saatnya membatasi barang yang ingin dibeli.

Tenang saja, Anda masih bisa kok membeli baju, tas, makeup, skin care dan lain lain. Tapi setiap bulan hanya boleh membeli satu barang. Misal, bulan ini membeli baju satu, dan makeup satu. Dengan begitu, Anda tetap merasakan semua yang biasa dilakukan dengan cara hemat.

  • Manfaatkan barang diskon 

Siapa yang tidak tergiur dengan diskon? Cara ini umum dilakukan oleh orang-orang yang tahu bagaimana cara menyisihkan uang dengan benar. Jika ada barang yang menarik dan Anda butuhkan, tak ada salahnya mencari barang serupa yang memiliki potongan harga.

Potongan harga bisa sangat jauh berbeda, misalnya Anda bisa mencari factory outlet yang jual barang branded original namun semacam stock lama yang tidak sempat terjual.

  • Bersedekah 

Nasihat tua yang sering dilupakan adalah sedekah. Sisihkan 2,5 persen gaji untuk kebahagian Anda di masa yang akan datang. Menabung untuk akhirat karena uang yang kita keluarkan akan diganti berkali lipat. Uang yang pergi untuk sedekah akan kembali lagi untuk diri sendiri.

Menahan pengeluaran bukan hanya untuk mengumpulkan uang yang banyak tapi juga bisa belajar untuk mengendalikan diri.