Nikmati Kuliner Pekalongan Paling Maknyus Ini

Sambil Belanja Batik, Nikmati Kuliner Pekalongan Paling Maknyus Ini

Nikmati Kuliner Pekalongan Paling Maknyus Ini – Pekalongan  merupakan salah satu daerah  di provinsi  jawa tengah selain memiliki pesona keindahan yang sangat luar biasa obyek wisata yang menarik untuk di kunjungi Pekalongan juga memiliki beberapa makanan khas  Pekalongan.

Makanan khas Pekalongan memiliki banyak macam dengan variasi rasa yang berbeda. Akan tetapi, yang jelas semua makanan khas tersebut pasti memiliki cita rasa istimewa.

Dilansir codecha.org buat kamu yang mau belanja batik ke Pekalongan, jangan lupa nikmati kuliner khas berikut.

Soto tauco

Tauto ini merupakan olahan soto dengan tambahan tauco dalam bumbunya. Di sinilah letak keunikan dari tauto karena menggunakan tauco sebagai tambahan bumbunya. Tauto berisi daging, emping, dan telur rebus yang disajikan dalam satu mangkuk berukuran sedang.

Kluban bothok

Kluban bothok adalah salah satu makanan khas Pekalongan yang mirip dengan urap. Makanan vegetarian ini memiliki beragam sayur yang dicampur dalam satu wadah piring. Yang membuat beda adalah adanya bothok yaitu campuran parutan kelapa dengan biji-bijian.

Mie so

Mie so adalah makanan khas Pekalongan yang isinya mie kuah, dengkul sapi, bakso, keripik tempe yang diremuk, dan kulit melinjo yang telah direbus. Kulit melinjo ini yang menjadi ciri khas mie so. Selain menambah cita rasa juga berfungsi untuk memperkuat aromanya.

Limun oriental

Limun oriental adalah salah satu minuman yang akan sering dijumpai saat hari raya besar di Pekalongan. Minuman ini sangat legendaris di masyarakat Pekalongan. Terbuat dari racikan asam sitrat, air, sari buah, gula asli, dan karbondioksida untuk membuat limun.

Cita Rasa yang Sangat Luar Biasa Nikmat

Nasi megono

Megono adalah salah satu makanan khas Pekalongan yang wajib dicoba. Penjual sego megono mudah sekali ditemui di beberapa sudut gang di pinggir jalan besar.

Megono terbuat dari sayur nangka muda yang diiris kecil dan diolah menggunakan bumbu khusus.

Pindang tetel

Pindang tetel memiliki cita rasa yang khas dan patut dicoba. Dalam satu porsi pindang tetel, terdapat daging sapi yang beraroma wangi ditambah dengan irisan daun bawang. Pindang tetel dimasak dengan bumbu khas dari kluwak yang dicampur dengan aneka rempah.

Lontong lemprak

Hidangan yang satu ini merupakan menu yang terbuat dari bahan utama yaitu ayam kampung. Ayam kampung yang telah digoreng kemudian diberikan tambahan kuah kental yang memiliki aroma dan bumbu rempah yang sangat kuat. Lalu makanan ini dihidangkan bersama lontong.

Kopi tahlil

Kopi tahlil adalah salah satu hidangan kopi yang dibuat dengan seduhan rempah seperti jahe, kapulaga, cengkih, kayu manis, pandan, serai, dan juga pala. Begitu kamu meminum kopi ini akan terasa menghangatkan tubuh saat cuaca sedang dingin.

Beberapa makanan dan minuman khas Pekalongan tersebut bisa kamu coba cicipi saat berkunjung ke Kota yang terkenal Batiknya. Tak hanya batik yang terkenal di Pekalongan, wisata kuliner di kota ini juga tak kalah seru.