Jangan Tertipu Diskon dan Jumlah Pembeli

Tips Jitu Belanja Online, Jangan Tertipu Diskon dan Jumlah Pembeli!

Jangan Tertipu Diskon dan Jumlah Pembeli – Belanja online kini sudah menjadi tren yang cukup populer dalam kegiatan berbelanja. Namun berbelanja online memiliki beragam resiko, seperti barang yang tidak sesuai hingga penipuan.

Menawarkan banyak kemudahan, belanja secara online banyak dipilih masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Terutama di masa pandemik seperti sekarang ini, orang biasanya akan lebih merasa aman daripada belanja langsung di mal.

Namun, di antara banyak kemudahannya, ternyata ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin barang yang didapat sesuai keinginan. Apa saja sih yang harus diperhatikan? Berikut ini tips jitu dan sederhana dari doelgercenter.com yang bisa kamu lakukan!

Lebih baik lakukan pembayaran dengan cara cash on delivery (COD)

Semua tergantung pilihan masing-masing sih. Namun, jika memang ingin benar-benar aman, sebaiknya lakukan pembayaran setelah barang tersebut sampai di rumah.

Terutama jika kamu memang tak terbiasa dengan pembayaran di muka, tak ada salahnya melakukan sistem COD saat melakukan sistem pembayaran. Hal tersebut juga dianggap bisa meminimalkan penipuan yang kerap dilakukan oleh olshop anakal.

Jangan beli barang murah dengan jumlah yang sedikit

Hal ini biasanya terjadi pada konsumen awam yang baru pertama kali melakukan belanja online. Mereka akan membeli barang kecil (seperti headset, gantungan kunci, kaos kaki, dan sejenisnya) dengan sistem pembelian ecer alias satuan.

Akibatnya, jumlah harga ongkos kirim yang dipesan biasanya akan lebih besar dari harga barang itu sendiri. Alih-alih ingin mengeluarkan biaya lebih sedikit, konsumen tersebut malah membayar lebih mahal daripada beli langsung secara manual.

Mendapat Opini yang Cukup Jelas

Jangan berpatokan pada jumlah barang yang terjual dari toko tertentu

Eits, banyaknya jumlah barang yang terjual dari sebuah toko online tertentu bukan menjadi patokan utama terjaminnya kualitas barang tersebut. Karena mayoritas orang ingin mendapat barang dengan harga paling murah, toko dengan penawaran paling rendah memang biasanya akan diserbu konsumen.

Lihat dan perhatikan respons konsumen di setiap kolom komentar barang yang dijual. Jika banyak keluhan atas barang yang diterima mengenai kualitas barang, lebih baik pilih toko lain dengan kualitas barang yang lebih baik.

Tak mengapa harga sedikit lebih mahal jika kualitas barang memang benar-benar sudah terjamin aman. Meski tidak selalu, harga sebuah barang memang biasanya akan berbanding lurus dengan kualitas barang tersebut.

Jangan tergoda voucher diskon, cashback, gratis ongkir, dan lain-lain

Jangan langsung tergoda dengan iming-iming voucher diskon, cashback, gratis ongkir dan tetek bengek promosi lainnya. Ingat ya, meski promosi tersebut sering berseliweran di beranda akun olshop, jangan langsung mengeklik jika kamu benar-benar belum mengetahui syarat dan ketentuan yang berlaku di dalamnya.

Promo-promo tersebut sejatinya tidak akan berlaku pada semua toko online karena hanya untuk jenis atau merek-merek tertentu.

Jangan beli barang bajakan, terutama barang yang memiliki hak cipta

Nah, ini nih yang menjadi pantangan bagi konsumen yang akan berbelanja secara online saat akan membeli barang yang memiliki hak cipta (salah satunya novel). Meski dijual di olshop terpercaya, jangan sekali-kali membeli barang bajakan karena tergiur harga murah meriahnya.

Penulis Tere Liye sangat mengutuk keras penjual dan pembeli yang melakukan transaksi barang-barang bajakan. Membeli barang bajakan artinya memperkaya pelaku pembajakan dan mencuri hak penulis yang sudah meluangkan banyak waktu dan pikiran untuk menghasilkan karya.

Jadi mulai sekarang, lebih selektif saat melakukan transaksi belanja online, ya?