Harus Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Facial Wash

Hal Ini Harus Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Facial Wash

Harus Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Facial WashFacial wash adalah salah satu rangkaian skincare yang harus dimiliki setiap orang, baik cewek maupun cowok. Facial wash berfungsi untuk membersihkan wajah dari jahatnya polusi udara dan debu-debu yang menempel di kulit.

Facial wash merupakan komponen terpenting dalam serangkaian skin care rutin yang harus dilakukan. Biasanya, facial wash digunakan sebelum dan sesudah beraktivitas. Dalam memilih produk facial wash, kamu harus bijak dan memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu sebelum membelinya.

Apalagi bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, maka sangat diperlukan kehati-hatian dalam memilih produk facial wash yang tepat. Berikut ulasan dari midi-property.info mengenai hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli facial wash. Untuk informasi selanjutnya, yuk simak ulasannya berikut ini!

Bebas dari kandungan alkohol 

Alkohol adalah salah satu jenis kandungan yang sering digunakan pada produk skin care maupun kosmetik. Apalagi pada produk facial wash, masih sangat sering terdapat kandungan alkoholnya. Saat digunakan, alkohol memang akan menghilangkan minyak alami pada wajah. Namun lama kelamaan, kandungan alkohol tersebut bisa membuat kulit akan memproduksi lebih banyak sebum atau minyak wajah.

Jika terjadi penumpukan sebum berlebih, maka sebum akan terperangkap dalam pori-pori dan bereaksi dengan bakteri yang akhirnya menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, pilihlah produk facial wash yang bebas alkohol. Sebab, keberadaan alkohol dalam facial wash akan membuat pori-porimu tertutup, iritasi, dan dehidrasi.

Tidak mengandung pewangi 

Jika facial wash yang kamu gunakan memiliki bau harum yang menyengat, bisa saja hal itu menjadi indikasi bahwa produk facial wash tersebut mengandung pewangi. Kamu bisa mengecek pada bagian komposisi produknya. Bila terdapat tulisan fragrance itu berarti produk tersebut mengandung pewangi.

Menggunakan facial wash yang mengandung pewangi memang terbilang cukup berbahaya. Sebab, hal itu bisa menyebabkan kulit terasa gatal, kering, dan iritasi.

Nggak Boleh Sembarangan Saat Memilih Facial Wash

Pilih facial wash sesuai dengan jenis kulit 

Pada umumnya, setiap facial wash memiliki fungsi yang berbeda-beda dan digunakan untuk tipe kulit yang berbeda-beda juga. Sebelum menggunakannya, kamu harus tahu dulu jenis kulitmu apakah termasuk ke dalam tipe dry, normal, oily, atau acnes. Kamu bisa tahu informasi tentang tipe kulit wajahmu di internet.

Jika telah tahu tipe kulit wajahmu, kamu harus mencari kandungan yang dimiliki produk facial wash. Bacalah keterangan yang berada di balik kemasan produk untuk kandungan produk facial wash. Kamu juga bisa mencarinya melalui internet ataupun dari laman resmi produk yang akan dibeli.

Sebaiknya hindari kandungan paraben

Paraben adalah salah satu bahan yang sering digunakan dalam pembuatan facial wash. Padahal, paraben adalah bahan yang termasuk ke dalam kategori pengawet, yang sebenarnya berbahaya untuk digunakan dalam pembuatan produk skin care.

Sayangnya, banyak sekali produk skin care yang masih mengandung paraben. Paraben bisa menyebabkan iritasi kulit jika digunakan untuk jangka panjang. Biasanya pada kemasan, paraben tertulis dengan nama methylparaben, propylparaben, ethylparaben, dan butylparaben.

Tidak mengandung Sodium Lauryl Sulfate (SLS) 

Jika selama ini kamu berpikir bahwa produk facial wash yang bagus adalah facial wash yang memiliki busa melimpah, maka pemikiran tersebut sangatlah salah, Bro!

Facial wash dengan busa yang melimpah, bisa menjadi tanda bahwa produk tersebut mengandung bahan kimia Sodium Lauryl Sulfate (SLS). SLS itu sendiri akan mengangkat minyak alami dan membuat kulit terasa sangat bersih. Oleh karena itu, bahan kimia tersebut terbilang keras dan bisa menyebabkan kulit terasa sangat kering hingga iritasi.

Nah, itu tadi beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli facial wash. Intinya, kamu harus bijak dan selalu perhatikan komposisi dari produk tersebut sebelum membelinya. Semoga dapat bermanfaat, ya!