Ciri yang Khas dengan Furniture Eropa Gaya Victoria

Furniture Eropa Gaya Victoria

Furniture Eropa Gaya VictoriaFurnitur bergaya minimalis memang sangat amat menarik perhatian dan diminati oleh sebagian banyak orang. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan minat masyarakat terhadap variasi furniture lainnya. Salah satu desain furniture yang masih disukai adalah furniture bergaya Eropa dari masa keemasan Victoria.

Baca juga : Alasan untuk Memilih Desain Nautical, Cocok Untuk Daerah Beriklim Panas

Popularitas furniture Eropa bergaya Victoria berawal dari masa pemerintahan Ratu Victoria di Inggris pada tahun 1837-1901. Pada masa itu, gaya arsitektur Inggris kuno sangat populer dan mulai menyebar ke berbagai penjuru dunia. Hingga saat ini, ciri khas furniture Eropa dengan sentuhan Victoria masih bisa dikenali karena didominasi tujuh ciri khas berikut ini.

Ukuran Furniture yang Besar

Salah satu ciri khas yang paling identik dengan furniture Eropa gaya Victoria adalah ukurannya yang besar. Ciri khas tersebut membuat furniture gaya ini sangat cocok untuk rumah berukuran besar. Namun, kini model-model furniture berukuran besar sudah mulai disesuaikan dengan perkembangan zaman sehingga produsen furniture mengadopsi desainnya dan menyesuaikan ukuran furniture dengan rumah berukuran mungil.

Memakai Jenis Kayu Berkualitas

Aneka furniture Eropa Victoria biasanya dibuat dari bahan dasar kayu ek, mahoni, dan rosewood. Kayu-kayu berkualitas tersebut akan menghasilkan furniture yang indah dan kokoh sehingga tahan digunakan dalam waktu lama. Sekarang, furniture bergaya Victoria di Indonesia juga kerap menggunakan kayu jati sebagai bahan dasar karena kualitasnya lebih unggul dibandingkan jenis kayu-kayu lainnya.

Kaki dari Kursi Cenderung Pendek

Ingin tahu mengapa kaki kursi yang didesain dengan gaya Victoria cenderung lebih pendek daripada gaya furniture lainnya? Teknologi pegas melingkar pertama kali dipatenkan dan digunakan pada zaman Victoria. Penggunaan pegas melingkar pada kursi membuat kaki kursi jadi lebih pendek dan dudukan kursi lebih dalam agar ukurannya sesuai dengan pegas tersebut. Karena kursi yang menggunakan pegas melingkar juga harus memakai pelapis khusus supaya daya tahannya semakin kuat.

Motif Rumit dengan Nuansa Natural

Ternyata furniture khas Eropa bergaya Victoria tidak hanya memiliki motif-motif polos. Ada berbagai motif yang rumit dan bernuansa natural yang identik dengan furniture bergaya Victoria. Pola bunga dan daun membuat ciri khas furniture ini sangat istimewa dan menonjolkan nuansa vintage.

Menggunakan Bahan Mewah

Beberapa bahan yang bernuansa mewah seperti brokat, beludru, dan sulaman juga identik dengan furniture Victoria. Biasanya furniture dengan gaya ini juga dilengkapi aksen jumbai yang terkesan menarik sekaligus mewah. Penggunaan kancing yang dijahit pada titik-titik sofa juga merupakan karakter furniture Victoria yang membedakannya dengan gaya furniture lain.

Kalau Anda ingin menggunakan furniture Eropa bergaya Victoria di rumah, pastikan kalau Anda juga menyesuaikan nuansa interiornya. Pilihlah warna atau motif dinding, gorden, karpet, dan perabot bernuansa Victoria lainnya agar kesan klasik pada interior rumah Anda semakin kuat.

Sumber : bramblefurniture.com