Coba Atur Keuanganmu Agar Bisa Puas Belanja

Supaya Puas Belanja, Coba Atur Keuanganmu dengan Tips Ini

Coba Atur Keuanganmu Agar Bisa Puas Belanja – Di saat penyebaran virus COVID-19 (virus Corona) ini, kamu wajib tahu bagaimana cara mengatur keuangan saat pandemi, loh..

Belanja saat pandemik begini memang bisa bikin penat dan stres hilang. Apalagi buat kamu si shopaholic, rasanya rutinitas belanja jadi kewajiban kan? Nah, biar barang bagus dan incaranmu bisa segera di tangan, kamu perlu mengatur keuangan supaya tetap ‘sehat’ lho. Tanpa mengorbankan kebutuhan yang lain, dilansir fortmountainstables.net inilah cara mengatur keuangan buat si hobi belanja!

Biar hemat, rajin-rajin cari promo dan diskon deh

Belanja kebutuhanmu juga perlu disiasati dengan mencari diskon atau promo barang-barang yang menjadi incaran. Jangan lupa, catat waktu-waktu kapan ada promo dan cocokan dengan jadwal belanjamu. Bukan tanpa alasan, kalau kamu punya budget tertentu, kamu akan punya sisa uang dari membeli barang promo lho. Nah, sisa uang itu jadi bisa kamu manfaatkan buat membeli barang lain dari daftar belanjamu.

Sekali-kali ubah mindset belanjamu buat investasi

Punya hobi belanja nggak selalu harus beli barang atau kebutuhanmu ya. Biar berbuah cuan, kebiasaan belanja barang bisa kamu alihkan untuk belanja saham, investasi, ataupun emas. Paham produk-produk keuangan itu perlu banget saat ini, karena akan menghasilkan kok di kemudian hari. Bukan malah menghabiskan uang, kamu bisa lho beli barang yang lebih wah jika sudah untung dari hal itu.

Prioritaskan dulu belanja buat kebutuhanmu ya

Kamu bisa mulai mengatur keuangan untuk berbelanja dengan memprioritaskan apa saja kebutuhanmu buat dibeli. Dengan membuat daftarnya, kamu akan tahu apa saja yang dibutuhkan sampai yang cuma keinginanmu saja. Tentu saja kebutuhan belanja menjadi hal utama ya. Ingat, kebutuhan itu hal yang jika tidak terpenuhi akan mengganggu aktivitas bahkan produktivitas. Sebaliknya, kalau keinginan itu cuma nafsu sementaramu saja untuk belanja. Padahal barang itu bisa ditunda untuk dibeli.

Memperhatikan dan Mencatat Pengeluaran

Bisa atur cashflow dengan belanja sekarang, bayar nanti pakai CERIA

Salah satu resep dari mengatur keuangan ialah memperhatikan dan mencatat pengeluaran dan pemasukanmu. Dari hal itu, tentu saja pengeluaran tidak baik jika lebih besar dari penghasilan. Kamu bisa pilih dari banyak referensi, baiknya bagaimana membagi kedua hal itu, misalnya dari financial planner yang saat ini banyak bisa kita temui di dunia maya.

Anggaran belanja jangan sampai berlebihan

Umumnya kamu minimal punya anggaran 10% untuk belanja atau kebutuhanmu per bulannya. Belanja di sini bukan untuk kebutuhan sehari-hari ya, tapi lebih belanja untuk senang-senang, seperti membeli pakaian dan elektronik yang sangat kamu butuhkan. Dari anggaran belanja per bulan itu, kamu juga perlu lho menjadwalkan kapan akan belanja. Nah, setiap tiga bulan sekali bisa jadi pilihan untuk belanja kebutuhanmu.

Itu tadi tips mengatur keuangan buat kamu yang hobi belanja. Jangan khawatir dan panik dalam mengaturnya ya. Kamu bisa kok menuruti kebutuhan belanjamu tanpa mengorbankan keuanganmu. Selamat mencoba ya!