Cara Mengecat Kembali Perabotan Rumah Yang Sudah Usang

Hampir setiap rumah tentu memiliki perabotan yang terbuat dari kayu yang sudah lama dipakai sejak dulu apalagi kayu jati, meranti dan kayu keras lainnya seperti lemari kayu!

Tetapi seiring berjalannya waktu, warna cat perabot perabot juga bisa pudar dan kusam, di beberapa bagian terdapat goresan kecil dan kadang besar. Serta banyak permukaan catnya yang sudah terkelupas dan kotor dengan noda kerak dan debu. Nah bagaimana sih caranya agar kita bisa merenovasi perabot peninggalan orang tua atau keluarga agar tampil mulus dan kinclong kembali seperti baru?

cara cat kayu dengan kuas busa - Cara Mengecat Kembali Perabotan Rumah Yang Sudah Usang

Untuk mengecat ulang perabot yang sudah kusam tidaklah begitu sulit bagi kita yang ingin belajar pengalaman baru dan tentunya juga ingin melakukan penghematan! ayo simak artikelnya ini dan langsung belajar praktek memperbaiki perabot lama kalian hingga minimal tampak bersih atau baru ! Kamu bisa pelajari cara mengecat kembali perabot tua di rumah yang tampak kusam disini.

Nah untuk lebih jelasnya, saya akan menjelaskan tahap demi tahap bagaimana melakukan proses finishing ulang furnitur rumah sobat, Selamat menyimak !

Kali ini saya akan memberi contoh perabot pintu untuk mengecat ulang di atas furnitur yang akan dilapisi bahan veener (kulit kayu). Tahap demi tahap yang sama juga dapat anda lakukan pada perabot sobat yang berbahan papan kayu.

1. Pilih cat khusus untuk bahan kayu. Karena jenis cat ini tidak mengeluarkan bau, seperti pada umumnya. Bahan dasarnya bisa dicampur air (water base) sehingga lebih hemat dan tidak perlu membeli thinner atau bahan untuk membuat cat jadi encer, dan yang pasti, pengerjaannya lebih mudah.

2. Sebelum memulai proses pengecatan, amplas semua permukaan kayu terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Tujuannya ampelas ini adalah agar cat dapat merekat dengan baik di permukaan kayu. Gunakan amplas yang halus. Tujuannya, agar proses pengampelasan tidak sampai merusak lapisan veener. Setelah kayu selesai di ampelas, lap untuk menghilangkan sisa debu yang menempel di permukaan kayu.

3. Aduk dahulu cat selama 3 sampai 5 menit. Pada satu menit pertama, aduk searah jarum jam (ke kanan). Kemudian, aduk berlawanan (ke kiri). Pengadukan ini musti dilakukan karena dikhawatirkan ada pengumpalan bahan yang ada didalam cat agar komposisi cat jadi merata.

4. Encerkan cat dengan campuran sedikit air. Jumlah air maksimal 10% dari banyaknya cat. Jika lebih, takutnya cat akan terlalu encer yang mengakibatkan daya tahan cat dilapisan perabot berkurang. Jika permukaan kayu terlalu luas, gunakan kuas yang besar.

5. Ambil busa atau kuas, celupkan kedalam cat kemudian kuaskan ke semua permukaan kayu. Pengecatan harus dilakukan searah serat kayu agar hasil pengecatan sempurna. Untuk mengecat perabot kayu, saya menyarankan untuk menggunakan bahan kuas busa agar tidak meninggalkan jejak kuas, jangan gunakan kuas ijuk karena akan meninggalkan bekas di permukaan kayu yang sudah di cat.

kuas busa - Cara Mengecat Kembali Perabotan Rumah Yang Sudah Usang

6. Setelah pengecetan selesai, selanjutnya adalah proses pengeringan, agar tidak berbau dan proses pengeringan ini bisa dilakukan di dalam ruangan, dengan catatan adanya sirkulasi udara dari jendela di dalam ruang. Jangan dijemur di bawah terik matahari karena dapat menyebabkan munculnya gelembung pada lapisan cat yang belum menempel sempurna.

Itulah beberapa langkah sederhana bagaimana cara mengecat kembali perabotan rumah yang sudah usang dengan bahan cat air.