Cara Mengatasi Kecanduan Belanja Online

Cara Mengatasi Kecanduan Belanja Online, Jangan Dibiarkan Kebablasan

Cara Mengatasi Kecanduan Belanja Online – Belanja online saat ini sudah menjadi kelaziman di tengah menjamurnya toko online dan marketplace. Tidak seperti aktivitas berbelanja konvensional yang menuntut mobilitas secara fisik, berbelanja online memberikan sensasi tersendiri terkait kepraktisan dan kemudahan belanja.

Semenjak pandemik COVID-19, banyak orang terjebak di rumah selama berbulan-bulan demi membatasi penyebaran virus. Karena teralihkan dari kehidupan normal, banyak orang menghadapi berbagai masalah psikologis dan emosional, seperti kebosanan.

Untuk mengatasinya, banyak yang kemudian mencari hiburan dengan berbelanja secara online. Namun, siapa sangka, kemudahan, promosi, dan karena faktor ekonomis membuat banyak orang kemudian jadi kecanduan berbelanja online.

Padahal, belanja online secara berlebih sebenarnya tidak baik bagi kesehatan finansial maupun psikologis sehingga perilaku ini perlu segera diatasi. Kalau kamu termasuk salah satu yang kecanduan berbelanja online, berikut ini lamarieeenfolie.com mengulas beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mengatasinya.

Temukan pemicu belanja online berlebihan

Kamu harus menemukan apa yang mendorongmu kepada kecenderungan berbelanja secara berlebihan. Itu karena sebagian orang berbelanja karena mengalami depresi dan membeli barang bisa memberikan kebahagiaan sementara. Sementara, sebagian orang lainnya melakukan belanja online untuk menghilangkan kebosanan.

Jika kamu dapat mengidentifikasi pemicu belanja online berlebihan, akan lebih mudah untuk mencari solusi yang tepat.

Simpan Daftar Pengeluaran Setiap Bulan

Biasakan untuk membayar tunai

Berbelanja menggunakan kartu kredit atau uang elektronik membuat banyak orang cenderung membeli barang berlebih yang sebenarnya tidak mereka butuhkan. Bisa jadi, ini disebabkan karena kepraktisan dan tidak melihat wujud uang secara langsung.

Untuk itu, mulailah memilih metode pembayaran cash on delivery (COD) daripada membayar melalui kartu kredit atau uang elektronik.

Langsung simpan sebagian uangmu begitu kamu mendapatkannya

Jangan biasakan menyimpan uang yang tersisa setelah kamu gunakan untuk berbelanja, melainkan simpan terlebih dahulu uangmu dan gunakan sisanya untuk berbelanja.

Jadi, tiap kali mendapatkan gaji, kamu harus langsung menyimpan sebagian uangmu ke dalam rekening terpisah atau simpan dalam bentuk logam mulia. Kemudian, sisanya bisa kamu simpan dalam rekening dengan fasilitas ATM dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk belanja online.

Selain dapat mengerem keinginanmu untuk berbelanja online dan membeli barang yang tidak perlu, cara ini juga akan memberi keuntungan jangka panjang, seperti mengatasi keadaan darurat atau suatu waktu kamu memerlukan banyak uang.

Kecanduan belanja online dapat menyebabkan masalah finansial, perselisihan keluarga, utang, depresi, dan kecemasan. Dengan menyerap cara di atas, semoga kebiasaan belanja online dapat segera diatasi. Namun, jika kamu masih tidak dapat mengontrol aktivitas berbelanja, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikiater guna mendapatkan konseling.