Cara Efektif Buat Menghindari Hasrat Belanja Berlebihan

Cara Efektif Buat Menghindari Hasrat Belanja Berlebihan

Cara Efektif Buat Menghindari Hasrat Belanja Berlebihan – Belanja adalah semua kegemaran hampir semua orang. Buat kalian yang sudah mempunyai penghasilan sendiri harus pandai-pandai mengatur hasrat belanja.

Mengingat kerja keras yang dibutuhkan untuk menghasilkan sejumlah uang tersebut, sayang kalau uang hasil kerja keras kita selama sebulan akan habis begitu saja.

Mengatur keuangan bisa dilakukan dengan berbagai cara, di mana ini bisa saja terkait dengan kebiasaan buruk yang Anda lakukan selama ini. Berikut tips efektif untuk mengatasi hal tersebut:

1. Jangan Bawa Serta Semua Kartu Kredit Ketika Belanja 

Memiliki beberapa kartu kredit, bisa menjadi sebuah fasilitas pendukung yang memudahkan Anda untuk melakukan berbagai transaksi keuangan, termasuk berbelanja.

Jangan membawa serta semua kartu kredit ketika ke mall atau berbelanja, hal ini bisa memicu sejumlah pengeluaran yang tidak terkendali di dalam keuangan.

Membatasi penggunaan kartu kredit, dapat membantu Anda juga dalam membatasi hasrat berbelanja.

2. Hindari Terapi Belanja 

Ketika sedang dalam kondisi tertekan atau stres, jangan melakukan kegiatan belanja sebagai terapi untuk kembali kepada kondisi normal Anda.

sebab dalam kondisi stres tersebut Anda justru memiliki peluang yang sangat besar untuk kehilangan kontrol dan justru membeli berbagai macam barang yang tidak benar-benar dibutuhkan.

3. Blok Semua Situs Belanja di Komputer 

Anda juga tentu merasakan, di mana kita bisa dengan mudah melakukan kegiatan belanja secara online.

Kemudahan ini bisa saja menjadi sebuah musibah, jika ternyata Anda tidak memiliki kontrol yang baik dalam mengatur keuangan dan juga hasrat belanja yang cukup besar.

4. Hindari Belanja Bersama 

Sewaktu berbelanja dengan orang lain, baik itu pasangan atau teman, maka seringkali kita akan membeli berbagai macam barang yang tidak benar-benar kita butuhkan.

Hal ini bahkan menjadi lebih sulit daripada ketika kita berbelanja sendiri, meskipun kita telah menanyakan kepada mereka mengenai sesuatu yang akan kita beli tersebut.

Karena itu ada baiknya Anda menghindari kegiatan berbelanja bersama dengan orang lain.

5. Tabung Uang Anda Daripada Dibelanjakan 

Mungkin akan menjadi sebuah kebiasaan yang tidak mudah untuk dilakukan, terutama bagi Anda yang belum terbiasa menabung.

Namun ada baiknya Anda mulai membiasakan diri untuk melakukannya dari sekarang, daripada Anda selalu menghabiskannya untuk membeli berbagai macam barang yang tidak benar-benar Anda butuhkan.