Cara Belanja Hemat Agar Gaji Tidak Habis

Cara Belanja Hemat Agar Uang Gaji Kalian Tidak Habis Sia-sia

Belanja bulanan - Cara Belanja Hemat Agar Gaji Tidak Habis

Cara Belanja Hemat Agar Gaji Tidak Habis – Siapa yang bisa menyangkal jika tanggal gajian adalah salah satu tanggal paling menyenangkan di dunia. Setiap tanggal 1 atau tanggal 25 tiba rasanya segala penat dan kelelahan bekerja menguap udara.

Masuknya gaji ke rekening menandai kebebasan untuk berbelanja barang-barang yang sudah diidamkan sekian lama. Tapi seperti siklus hidup lainnya, kebahagiaan karena gaji baru tiba bisa berubah seketika jika tidak berhati-hati dalam membelanjakannya.

“Tapi! Tiba-tiba uang gaji serasa melayang begitu saja.”

Apakah Anda salah satu korban yang sering kehabisan uang sebelum tanggal gajian tiba? Sering bingung uang Anda habis ke mana saja? Jika Anda merasa masuk kategori ini, tips Download IDN Poker belanja hemat dari Sepulsa ini cocok untuk Anda coba.

1. Setiap tanggal gajian tiba, redam hasrat belanja dengan membuat list kebutuhan yang harus Anda bayar di muka. Anda akan sadar: uang Anda ternyata tak sebanyak yang dikira 

Salah satu penyebab kita sering kalap belanja adalah karena kita merasa memiliki banyak uang yang bisa digunakan di rekening. Efek psikologis pasca gajian membuat kita merasa jadi “orang kaya” — karena rekening terisi penuh setelah kosong sebelumnya. Dampak dari perasaan ini tidak main-main: Anda bisa impulsif memesan barang dari online shop, gesek sana-sini di mall karena merasa punya banyak uang.

Dilihat juga : Tips Belanja Cerdas agar Menghemat Uang

Agar hasrat belanja impulsif tidak lagi datang, biasakan untuk membayar segala tagihan di muka. Selepas gaji ditransfer ke rekening Anda, langsung pisahkan sejumlah uang untuk kebutuhan rutin. Bayar kost, uang makan sebulan, bayar cicilan motor atau mobil, sampai biaya beli pulsa — pisahkan sejumlah uang ini dari rekening yang ada.

2. Tetapkan tanggal keramat yang jadi hari belanja pribadi Anda. Selain di tanggal itu, hanya uang untuk kebutuhan remeh yang boleh keluar dari dompet Anda 

Perlakukan momen belanja seperti hari pertemuan dengan pacar LDR yang harus dipersiapkan sebaik mungkin. Amunisi Anda sudah harus siap dari jauh-jauh hari: mulai dari daftar belanjaan, baca review dari berbagai sumber agar tidak salah pilih produk, sampai survey toko yang menawarkan harga termurah.

Dengan cara ini uang Anda akan lebih aman dari pengeluaran-pengeluaran mendadak. Siasat ini juga bisa menjauhakan Anda dari kunjungan kurang penting ke mini market yang membuat Anda sering tergoda membeli barang yang kurang diperlukan.

3. Berangkatlah belanja saat perut Anda kenyang. Jika tidak kuat iman, jangan juga berani mendorong trolley di lorong penuh barang menggiurkan 

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Minnesota menunjukkan bahwa mereka yang pergi belanja dengan perut kosong cenderung lebih impulsif dalam menentukan pilihan barang belanjaan. Rasa lapar ternyata bisa berubah jadi hasrat untuk mengambil apa saja yang ada di depan mata.

Selain itu, jika Anda sadar keteguhan hati Anda belum cukup teruji jangan sekali-kali membiarkan diri belanja dengan trolley. Jinjing keranjang plastik yang membuat sakit tangan itu saja, agar barang yang Anda masukkan tidak melebihi yang seharusnya.

4. Setiap pergi belanja pastikan Anda setia pada daftar yang sudah dibuat. Pilih juga supermarket besar yang pilihan barangnya lengkap 

“Loh, bukannya kalau pergi ke supermarket besar itu malah membuka peluang untuk lapar mata ya? Jadi boros dong..” Jangan salah guys..

Justru supermarket besar yang barangnya lengkap sering menawarkan potongan harga untuk menghabiskan stoknya. Cepatnya stok barang baru datang memaksa mereka menghabiskan stok lama yang kian mendekati masa kadaluarsa.

5. Percayakah Anda kalau belanja dalam kemasan besar bisa menyelamatkan dompet Anda dari kiamat kecil sebelum akhir bulan? 

Berbelanja dalam kemasan besar bisa jadi trik yang layak Anda terapkan demi menghemat pengeluaran setiap waktu belanja tiba. Memang sih, harga barang dalam kemasan besar sekilas terkesan lebih mahal. Tapi jika dihitung dengan seksama sebenarnya volume produk dan harga yang harus Anda bayar akan berada di margin yang lebih menguntungkan.

Sekilas kita akan lebih tergoda dengan harga murah yang ditawarkan oleh shampoo ukuran kecil. Padahal jika dihitung ulang, membeli shampoo berukuran 2 kali lipat lebih besar justru memungkinkan kita berhemat sebesar Rp. 1.000. Kalikan angka Rp. 1.000 dengan 10 produk yang Anda beli saat itu — Anda sudah bisa berhemat Rp. 10.000!

6. Jangan anti membayar pakai kartu kredit. Dalam beberapa situasi, membayar dengan kartu kredit justru membuat Anda jadi lebih irit 

Selama ini barangkali Anda sering membaca artikel yang menyarankan untuk jangan menggunakan kartu kredit saat belanja, sebab tindakan ini tak ada bedanya dengan berhutang. Padahal tidak selamanya menggunakan kartu kredit itu buruk, lho. Dalam beberapa kesempatan justru belanja dengan kartu kredit bisa memberi Anda keuntungan yang menarik.

Di beberapa supermarket besar bahkan ada program khusus yang bekerjasama langsung dengan provider kartu kredit. Jika belanja menggunakan kartu kredit tertentu Anda bisa mendapatkan potongan harga untuk tiap produk yang dibeli dalam presentase yang lumayan.