Alasan Kamu Harus Menghilangkan Kebiasaan Belanja Berlebihan

Alasan Kamu Harus Menghilangkan Kebiasaan Belanja Berlebihan

Alasan Kamu Harus Menghilangkan Kebiasaan Belanja Berlebihan – Bagi sebagian orang, belanja dilakukan hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun tak sedikit pula yang menjadikannya hobi. Mereka merasakan kesenangan luar biasa saat berbelanja banyak barang. sampai terkadang sampai membeli barang-barang yang gak dibutuhkan.

Akibatnya, pengeluaran pun bisa membengkak. Kalau sudah begitu, belanja akhirnya malah jadi kegiatan yang merugikan, bukan menguntungkan. Maka supaya itu gak terjadi, kamu perlu mengendalikan keinginan berbelanja dan menyesuaikannya dengan kemampuanmu secara finansial.

1. Hidup boros itu membahayakan masa depanmu 

Pertama-tama, alasan mengapa kamu harus menghilangkan kebiasaan belanja berlebihan ialah karena hidup boros itu membahayakan masa depanmu. Saat ini mungkin kamu memiliki banyak uang hingga bisa membeli apa saja, namun kalau semuanya kamu habiskan untuk membeli barang yang tidak penting malah jadinya boros dan kamu bakal susah jika suatu saat ada situasi genting.

2. Ikutilah gaya hidup yang sesuai denganmu 

Kedua, ikutilah gaya hidup yang sesuai denganmu. Tidak hanya sesuai dengan gaya hidup yang membuatmu nyaman saja, namun juga harus disesuaikan dengan kemampuanmu juga. Jangan ikuti gaya hidup idola yang bermewah-mewahan jika kamu belum bisa untuk seperti itu.

3. Menyimpan sebagian gaji itu penting lho 

Jika kebiasaan belanja berlebihanmu terus dipelihara maka semakin banyak pula pemborosan yang kamu lakukan, banyak uang yang keluar hanya untuk suatu hal yang sia-sia. Pahamilah bahwa menyimpan sebagian gaji itu penting lho. Kalau gajian jangan langsung dihabiskan semua untuk belanja, namun bagilah sesuai kebutuhanmu.

#Pisahkan uang gajimu untuk keperluan dan mana yang untuk di tabung

4. Jadi orang yang terlalu konsumtif itu gak baik  

Kamu juga harus segera menghilangkan kebiasaan belanja berlebihan karena jadi orang yang terlalu konsumtif itu tidak baik, lho. karena tidak semua hal yang dijual itu harus kita miliki, dan perilaku konsumtif bisa menggiringmu pada pengelolaan uang yang tidak bijak. Padahal semakin dewasa mestinya semakin paham bagaimana mengatur uang.

5. Kan gak semua uang harus digunakan untuk belanja 

Alasan terakhir, kan gak semua uang harus digunakan untuk belanja. Berapapun pemasukan yang kamu miliki, biasakan untuk menerapkan perencanaan keuangan. Jadi kamu tahu uang yang kamu miliki sebaiknya dipakai untuk apa dan berapa yang bisa dibelanjakan dengan bebas.