3 Cara Bijak Menyikapi Circle Teman yang Mulai Mengecil, Santai Aja!

3 Cara Bijak Menyikapi Circle Teman yang Mulai Mengecil, Santai Aja!

Semakin dewasa kamu akan di hadapi oleh beberapa fenomena sosial yang tidak kamu bayangkan sebelumnya. Salah satunya, kamu akan menemukan fase di mana kamu merasakan hilangnya teman-teman di sekitarmu. Sebetulnya, mereka tidak hilang, hanya saja situasinya memang sudah berbeda. Kamu akan mengerti bahwa tidak selamanya mereka bisa berada di sampingmu. Karena tentunya kamu pun tidak bisa demikian.

Kamu punya tujuan dan cita-cita yang berbeda dengan mereka, maka berbeda juga jalan membangunnya. Oleh karena itu, seiring beranjak dewasa circle pertemananmu akan semakin mengecil.

Tidak perlu takut, itu merupakan hal wajar yang juga banyak di alami orang lain. Di lansir dari woodcraftunfinishedfurniture.com, berikut adalah lima cara bijal untuk menyikapi circle pertemanan yang mengecil saat dewasa, santuy aja lagi!

1. Fokus yang kamu jalani sudah berbeda, terima bahwa kamu sudah ada di fase kedewasaan

Di kutip dari Agen Club38, semakin dewasa kamu akan semakin fokus dengan hal-hal yang lebih penting ketimbang ngumpul-ngumpul sepintas dengan teman-temanmu. Banyak hal yang harus mulai kamu persiapkan untuk masa depanmu.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu bingung dan takut ketika circle mu mengecil. Justru, ini adalah kesempatan untuk kamu lebih fokus pada dirimu sendiri.

2. Jangan berpikir sempit, circle pertemanan bukanlah segalanya

Buka lebar-lebar pemikiran kamu. Circle pertemanan bukanlah hal yang paling utama yang harus kamu pikirkan. Circle pertemanan yang baik adalah yang bisa memberikan manfaat positif bagi diri kamu. Jadi, jika itu tidak bermanfaat seperti demikian, maka kamu hanya perlu meninggalkannya. Jangan justru kamu mempersulit dirimu sendiri karena berada di lingkungan negatif.

3. Jangan buang waktu dengan circle yang tidak sefrekuensi, ciptakan sendiri lingkaran yang menurutmu sesuai

Karena kamu sudah berada di fase pendewasaan, ini saatnya kamu mulai memilah untuk menentukan lingkungan yang sesuai dengan dirimu. Bangun circle pertemananmu sendiri, perbanyak bergaul dengan orang-orang yang kamu rasa berdampak positif dan jauhkan yang berdampak negatif. Di tahap ini, seharusnya kamu sudah mulai pintar dalam memilih circle pertemana yang tepat.