Tips Agar Tidak Lapar Mata Saat Belanja

Tips Khusus biar Gak Lapar Mata Saat Belanja Awal Bulan

Tips Agar Tidak Lapar Mata Saat Belanja – Ada barang yang dibutuhkan, ada barang yang diinginkan. Banyak orang tidak dapat membedakan kedua jenis barang ini. Apalagi ketika membuka online shop, melihat barang dengan harga murah, ditambah promo gratis biaya pengiriman.

Merasa kaya di awal bulan setelah gajian memang merupakan hal yang wajar. Namun, coba deh, kamu tanyakan pada diri sendiri. Berapa kali kamu justru merasa miskin di akhir bulan? Atau berapa banyak uang yang kamu hamburkan untuk hal gak penting di awal bulan?

Tidak bisa mengontrol keuangan akan membuatmu tersesat, berikut ini tips khusus supaya kamu gak lapar mata di awal bulan.

Hindari kemungkinan jadi boros dengan menolak ajakan yang gak perlu

Pilah saja ajakan mana yang seharusnya kamu terima dan mana yang tolak. Jangan selalu menerima ajakan karena itu juga akan berpengaruh pada borosnya kamu. Gak ada salahnya menghabiskan waktu di rumah bareng keluarga, kan?

Sebelum membeli barang, pastikan lagi apakah kamu butuh barang itu

Pakai waktu sekitar beberapa menit untuk berpikir apakah kamu sudah punya barangnya atau apakah kamu benar-benar butuh atau tidak. Langsung membelinya begitu saja tanpa pikir hanya akan mengakibatkan uangmu cepat habis di awal bulan dan merana di akhir bulan.

Berbelanja Sesuai Dengan Kebutuhannya Bukan Sekadar Keinginan Saja

Jangan membawa kartu kredit atau debit saat pergi

Hal paling utama yang harus kamu ingat ialah tidak membawa kartu debit dan kredit saat pergi ke mana pun. Hal ini akan menjagamu dari lapar mata jenis apa pun karena kamu gak memegang uang cukup untuk membeli sesuatu. Jadikan kebiasaan, kamu pasti bisa lebih hemat nantinya.

Hentikan semua keinginan dalam pikiran

Karena semuanya berawal dari pikiran, jaga pikiranmu supaya tidak berpikiran yang tidak seharusnya. Kalau memang masalahmu dari dulu adalah lapar mata online, sebaiknya jangan mengunjungi aplikasi atau laman tersebut karena kamu pasti akan gak tahan.

Menjatah uang harian secukupnya menggunakan uang tunai

Hitung pengeluaran harianmu, misalnya untuk keperluan transpor dan makan. Kalau memang kamu termasuk orang yang boros, jangan menjatah keperluan sehari-hari per bulan karena pasti akan habis sebelum waktunya dan mengakibatkan kamu mengambil lagi uang tabunganmu. Lebih baik, jatah per hari supaya lebih hemat.

Kebiasaan buruk ini kalau dibiasakan hanya akan membuatmu rugi sendiri nantinya. Ada baiknya, kamu memikirkan masa depan seperti apa supaya kamu ada persiapan. Jangan sampai nafsu sesaat membuatmu hilang kendali. Mulailah atur keuanganmu secara bijak dan kamu sendiri yang akan merasakan keuntungannya nanti.