Pasti Ini Alasanmu Saat Ditanya Kenapa Belanja Online

Bukan Malas, Pasti Ini Alasanmu Saat Ditanya Kenapa Belanja Online

Pasti Ini Alasanmu Saat Ditanya Kenapa Belanja Online – Belanja online? Hmmm tidak ada satu orangpun yang kini tidak tahu, bahkan tidak pernah melakukan transaksi atau berbelanja secara online. Apalagi saat dia sudah mengenal internet dan aktif di sosial media.

Untuk memenuhi kebutuhannya, para milenial dan gen Z harus berbelanja. Tapi, karena keterbatasan waktu dan malas untuk mengeluarkan effort lebih, membuat kebanyakan milenial malas belanja ke mall dan beralih ke belanja online. Nah, kira-kira apa saja sih alasan milenial lebih memilih belanja online? Mari kita simak ulasan dari tequila-orendain.com bersama.

Namun menurut survey yang diadakan oleh IDEA, product fashion masih menempati urutan teratas pencarian dan pembelian produk secara online, yaitu sebesar 78%.

Dan tanpa disadari belanja online bukan lagi menjadi jalan keluar atau solusi dari kesulitan masyarakat dalam membelanjakan uangnya. Kini belanja online bisa jadi sebagai sebuah kebiasaan.

Tapi sadarkah kamu, apa sebenarnya yang mendasari masyarakat mau belanja online? Disamping banyaknya rumor ini dan itu yang hampir mematikan pasar e-commerce. Berikut ini kami jabarkan beberapa alasan menagapa masyarakat mau berbelanja secara online:

Menghemat waktu

Berbelanja online memang dijadikan pilihan bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu untuk berbelanja di pusat perbelanjaan, namun harus memenuhi setiap kebutuhan. Dengan belanja secara online, kita yang sibuk hampir 24 jam saja, bisa mendapatkan barang yang kita inginkan. Sekitar 72% masyarakat memberikan alasan ini saat ditanya mengapa mereka memilih berbelanja online daripada offline.

Tidak perlu keluar rumah

Saat kita diliputi rasa malas, tapi harus segera memenuhi kebutuhan atau mewujudkan keinginan, maka belanja online adalah pilihannya. Saat kita menginginkan sebuah barang yang jauh dari kota atau tempat kita tinggal dan tidak mampu kita jangkau dengan mudah, maka kita bisa membeli produk itu secara online. 66% orang beralasan ini saat mereka menjelaskan alasan mengapa dirinya berbelanja online.

Barang langsung diantar ke rumah

Malas pergi atau keluar rumah, juga membuat kita merasa malas untuk membawa barang banyak saat berada di pusat perbelanjaan kan? Membeli barang ini dan itu tentu akan membuat kita kerepotan, dan saat kita berbelanja online, maka itu tidak akan terjadi.

Produk yang kita beli dari salah satu toko online akan diantar langsung ke alamat kita. Bisa melalui jasa pengiriman barang atau diantar langsung oleh penjualnya. 64% dari responden mengatakan bahwa barang yang diantar kerumah akan jauh lebih efisien ketimbang kita yang membawa barang dengan jumlah banyak.

Lebih Mudah Membandinkan Lebih Dari 1 Produk Dari Beberapa Toko Online yang Berbeda

Menemukan produk pasar dengan lebih mudah

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa toko online sering kita manfaatkan untuk mencari informasi tentang produk tertentu. Ini biasanya kita lakukan saat kita tidak menemukan produk di toko fisik atau offline. Dan ternyata kita mendapatkannya di toko online. Beberapa produk memang jauh lebih mudah ditemukan di toko online ketimbang di toko fisik. Sehingga masyarakat memilih untuk berbelanja secara online ketimbang offline.

Mendapat harga yang lebih murah

Selain menemukan produk yang tidak ada di pasaran, berbelanja secara online sering menjadi pilihan karena beberapa produk menawarkan harga yang jauh lebih murah daripada di toko fisik. Beberapa toko online memang saling beradu dan bersaing menjual produk dengan harga yang murah. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat, sehingga membuat mereka memilih untuk membeli barang yang dibutuhkan secara online.

Sekalipun harus menambahkan beberapa rupiah untuk biaya kirim, konsumen tidak keberatan. Alasannya karena produk yang diinginkan sudah didapatkan, harga murah, dan tidak repot untuk mencari dan membeli secara offline. Sebanyak 45% masyarakat memilih berbelanja online karena harga yang didapatkan jauh lebih murah daripada berbelanja langsung di toko.

Nah, kalau sekarang kamu yang harus mengikuti survey diatas, apa alasan kamu berbelanja secara online? 🙂