Alasan Kenapa Belanja Online dari Tiongkok Lebih Murah

Alasan Kenapa Belanja Online dari Tiongkok Lebih Murah

Alasan Kenapa Belanja Online dari Tiongkok Lebih Murah – Enomi China telah diakui dunia menjadi perekonomian yang sangat kuat. China berhasil menjadi salah satu negara yang mengekspor banyak barang ke seluruh dunia. Bahkan beberapa perusahaan ternama dunia, seperti Apple dan Samsung juga telah menggunakan beberapa komponen yang berasal dari China.

namun China justru menguasai pasar dunia berkat barang yang dijual dengan sangat murah. Mengapa China mampu melakukan hal tersebut sedangkan negara lain tidak? Berikut beberapa faktor yang menyebabkan China mampu memproduksi barang dengan harga murah:

1. Memproduksi barangnya secara massal 

Satu hal yang pasti mengapa harga barang dari Tiongkok sangat murah karena mereka memproduksi barangnya secara massal. Itu sebabnya, kamu dapat dengan mudah menemukan produk berlabel “made in China”. Mulai dari produk elektronik hingga kosmetik, sebagian besar diproduksi di sini.

2. Didukung oleh pemerintah 

Dilansir laman South China Morning Post pemerintah Tiongkok mendukung gerakan ekspansi barang murah ke negara lain dari Tiongkok dengan cara memberikan subsidi.

Tiongkok menggunakan strategi dengan menjaga mata uang mereka tetap lemah dibandingkan dengan dolar Amerika. Hal ini dilakukan agar daya saing produk ekspor mereka tetap terjaga.

3. Tidak adanya perlindungan hak cipta intelektual yang ketat

Anda mungkin sering mendengar gadget yang masih baru diumumkan, tapi sudah ada produk serupa dan diproduksi di Tiongkok. Padahal, perusahaan aslinya baru mengeluarkan desain berupa gambar.

Nah, lho? Kenapa bisa begitu? Dilansir laman Asialink Business, di Tiongkok sendiri, tidak ada hukum yang ketat dalam hal hak cipta intelektual sehingga mereka bebas untuk mereplika barang yang ingin mereka produksi.

4. Memiliki infrastruktur canggih 

Tiongkok menggunakan jalur darat, laut, dan udara untuk melakukan pengiriman logistik. Ada kurang lebih dua ratus bandara di Tiongkok. Belum lagi, banyak pelabuhan yang memanfaatkan teknologi kereta api supercepat.

Bahkan, salah satu perusahaan logistik di Tiongkok berniat akan mengembangkan inovasi pengiriman terbaru dengan menggunakan drone.

5. Melakukan kerja sama dengan negara lain 

Perusahaan logistik Tiongkok sudah pasti melakukan kerja sama dengan perusahaan logistik di berbagai negara, salah satunya Indonesia. Cara yang dilakukannya ialah setiap barang yang mereka kirimkan ke Indonesia akan dikirim secara masif. Hal ini jelas akan membuat ongkos kirim lebih hemat.